Waspada, Inilah Penyebab Mata Berdarah

Waspada, Inilah Penyebab Mata Berdarah yang dapat menimbulkan kondisi serius pada mata dan daerahnya. Kenalilah penyebabnya dan atasi atau jaga mata anda mulai dari sekarang.

Masalah kesehatan pada mata, seperti mata berdarah bukanlah hal yang biasa dan dianggap sepele. Gangguan kesehatan ini merupakan masalah serius dan harus ditangi langsung secara medis dengan menghubungi dokter dan berkonsultasi tentang masalah dan hal apa yang anda rasakan.

Waspada, Inilah Penyebab Mata Berdarah

Mata mempunyai bentuk bulat seperti bola dengan tojolan sedikit dibagian depat. Mata mempunyai tiga lapisan utama yang dimana ketiga lapisan itu bertumpuk ditempat yang sama dan membentuk bola mata. Mata merupakan alat untuk melihat dan menjadi hal utama yang harus dijaga oleh manusia, kondisi medis pada mata yang berdarah dapat diakibatkan oleh dua hal, yaitu :

  • Pendarahan Subkonjungtiva (Subconjunctival Hermorrhage)

Konjungvita ini merupakan selaput transparan tipis dan lembap yang menutupi daerah sklera (bagian putih mata) dan kelopak mata. Konjungvita atau sering disebut dengan lapisan pelundung terluar bola mata mengandung bagian saraf dan banyak pembuluh darah kecil. Kendari tidak terlihat pada saat normal, pembuluh darah pada bagian ini dapat terlihat jelas jika terjadi peradangan pada mata. Pembuluh darah pada bagian ini sedikit rapuh dan dindingnya mudah sekali rusak atau pecah sehingga dapat mengakibatkan pendarahan subkonjungvita yang terlataj dibawah konjungvita.

Pilose Antler Capsule || Pada umumnya, hal ini terjadi dengan spontan dan tanpa penyebab yang jelas, tapi, ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan pendarahan subkonjungvita, seperti bersin, batuk, mengejan, muntah, darah tinggi, menggosok mata, dan iritasi pada mata karena dari lenca kotak. Tidak hanya itu, pendarahan pada subkonjungvita dapat diakibatkan juga dari infeksi mata parah, trauma pada bagian kepada atau mata, atau bisa juga terjadi karena operasi mata dan kelopak mata.

Gejala yang ditimbulkan pada saat pendarahan subkonjungvita biasanya pendarahan itu sendiri, bagian putih mata tertutup oleh darah, dan akan berangsung menghilang secara perlahan.

Pendarah ini rupanya menjadi pendarahan yang tidak serius dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan. Tapi, hal initergantung pada seberapa besar tingkat keparahan pada pendarahan itu sendiri. Kalau tidak terlalu parah, pendarahan seperti ini biasanya akan sembuh dalam beberapa hari atau minggu. Jika timbul rasa sakit pada mata, perubahan penglihatan menjadi (pandangan kabur, sulit melihat, penglihatan ganda) yang disebabkan oleh pendarahan, langsung hubungi dan pergi ke dokter mata untuk mendapatkan penangan lebih lanjut secara medis

  • Hifema

Hifema ini merupakan pendarahan yang terjadi pada ruang mata bagian depan antara bagian warna dari mata (iris) dan kornea mata. Ini merupakan meadaan medis darurat dan sangat membutuhkan penanganan dokter, karena hirema tidak dapat sembuh dengan sendirinya, tidak seperti pendarahan subkonjungvita.

Mata yang berdarah karena hifema dapat disebabkan oleh trauma benda tumpul seperti cedera atletik tongkat, terkena bola, atau sikutan lawan saat berolahraga. Selain itu, kecelakanan seperti jatuh, berkelahi, yang menimbulkan pendarahan pada mata. Tidak hanya karena trauma diatas, hifema juga bisa terjadi akibat infeksi mata yang disebabkan oleh virus herpes, gangguan pembekuan darah seperti hemofilia dan anemia sel sabit, serta kanker mata. Hifema ini sangat menyakitkan dan jika tidak diobati akan menggakibatkan masalah penglihatan secara permanen.

Gejala mata berdarah karena hifema biasanya terlihat didepan mata yang menimbulkan rasa sakit, peka terhadap cahaya, pandangan menjadi kabur, berkabut, atau penglihatan terhalang, dan darah juga bisa tidak terlihat jika darah yang keluar hanyalah sedikit.

Pendarahan yang terjadi pada mata tentunya sangat menghawatirkan dan perlu penangan lebih lanjut. Karena mata menjadi sumber utama manusia untuk melihat. Maka dari itu hindarilah penyebab mata berdarah dengan cara merawat mata secara baik dan pergi ke dokter untuk memeriksa keadaan mata minumal 4 kali dalam setahun.

Waspada, Inilah Penyebab Mata Berdarah

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *