Tipe Orang Yang Terkena Infeksi Oportunistik

Ada beberapa Tipe Orang Yang Terkena Infeksi Oportunistik yang dimana itu semua bisa menimpa siapa saja jika orang itu tidak menjaga kesehatannya dengan baik

Hanya sedikit orang saja yang mendengar dan sedikit juga orang yang mengerti apa itu penyakit oprtunistik yang merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh. Jenis infeksi seperti ini sangatlah berbahaya untuk manusia karena dapat menyebabkan kematian dan mengundang penyakit mematikan seperti HIV/AIDS. Infeksi ini bisa disebabkan oleh pertumbuhan bakteri, jamur, atau parasit dalam tubuh. Mengapa disebut dengan oportunistik? karena penyakit ini mengambil keuntungan dari sistem kekebalan tubuh manusia ketika mereka lemah.

Tipe Orang Yang Terkena Infeksi OportunistikPada saat infeksi ini masuk pada tubuh orang yang sehat, sel-sel darah putih atau limposit termasuk juga sel B dan sel T. Jika infeksi seperti ini masuk pada tubuh yang sedang dalam kondisi tidak prima, kemungkinan besar akan menimbulkan penyakit HIV. Ketika orang terserang penyakti HIV maka sel-sel T pada darah putih akan mengalami kematian dan membuat tubuh sulit untuk melawan datangnya infeksi baru.

Datangnya infeksi-infeksi baru yang menyerang tubuh dan jumlah sel darah yang melawan infeksi itu ( sel CD4) jumlahnya menurun, maka orang yang sedang mengeidap penyakit HIV itu akan didiagnosis mengalami penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Tidak hanya pada penderita HIV saja, penurunan sistem imun atau kekebalan tubuh juga bisa terjadi pada orang yang mengalami luka bakar parah, kemoterapi, malnutrisi, Leukemia, Multiple Myeloma, Diabetes, dan Kanker. Orang yang mengalami masalah kesehatan diatas akan mengalami penurunan atau melemahnya sistem imun (kekebalan/pertahanan tubuh), ini menjadi masalah besar karena dapat memicu terjangkitnya infeksi oportunistik.

Jangan hanya terpacu pada penyakit HIV saja yang dapat menimbulkan infeksi oportunistik ini terjadi, tapi juga semua penyakit dapat memicu terjadinya masalah seperti ini jika orang yang mengalami masalah kesehatan apapun mempunyai sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah.

Terdapat dua jenis infeksi oportunistik yang terjadi pada tubuh, yakni IO Sistemik yang mempengaruhi seluruh tubuh dan IO Lokak yang cenderung hanya mempengaruhi bagian tubuh tertentu.

Sudah bisa disimpulan, jika Tipe Orang Yang Terkena Infeksi Oportunistik ini adalah mereka yang mempunyai pertahanan tubuh atau kekebalan tubuh atau imunitas tubuh yang lemah sehingga memicu gampangnya tubuh mereka terkena penyakit lain dan memicu infeksi-infeksi baru pada tubuh pun muncul.

Tipe Orang Yang Terkena Infeksi Oportunistik

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *